Ragam

Cara komplain Bea Cukai

Bea Cukai adalah instansi pemerintah yang sederhananya bertanggung jawab atas pemeriksaan dan penanganan barang yang keluar masuk Indonesia. Jadi ekspor impor lewat darat, laut dan udara jelas termasuk di dalamnya.

Dengan kemajuan teknologi sekarang kita bisa belanja online dari luar negeri dengan lebih mudah, contohnya di Shopee dan Lazada yang memberikan akses ke marketplace dari negara asing. Beda dengan beli di AliExpress atau Banggood misalnya, kita harus lebih perhatian soal pengiriman dan pajaknya.

Pengiriman internasional jelas memiliki lebih banyak faktor dibandingkan ekspedisi lokal, karena itu resiko terjadi masalah menjadi lebih tinggi lagi. Kendala di bea cukai ini walau tidak bisa dikatakan sering tapi termasuk yang dianggap sulit sendiri untuk komplain, padahal tidak juga.

Keluhan lewat media sosial

Diantara semua instansi pemerintahan malah bea cukai ini adalah yang paling aktif dalam berbagai macam akun media sosial. Selain memberi edukasi juga melayani pertanyaan dari penggunanya. Semuanya bernama Bravo Bea Cukai.

Anda bisa menghubungi admin medsosnya lewat komentar publik atau lebih privasi dengan kirim DM ke inboxnya. Semua akan ditanggapi dengan baik.

Kirim laporan ke customer service

Surat elektronik bisa menjadi solusi kalau masalah yang dialami lebih rumit karena membutuhkan informasi kronologis yang akurat, juga dilengkapi lampiran foto atau dokumen sebagai bukti. Ini akan membantu petugas cs memahami masalahnya dimana dan memberikan solusi yang tepat dan cepat.

Selain sekadar konsultasi juga keluhan bisa diproses lewat email. Oh ya, Customs itu bahasa inggrisnya bea cukai. Entah kenapa emailnya beda dengan situs resminya, saya asumsikan ikut standar internasionalnya karena urusannya memang bidang itu.

Livechat dengan customer care Bea Cukai

Salah satu inovasi instansi yang menurut saya sangat membantu adalah adanya fitur livechat. Dengan interaksi langsung ke pegawai dalam bidang terkait kita bisa mendapatkan penjelasan yang cepat dan benar.

Dari pengalaman, biasanya setiap pesan dalam live chat akan dibalas dalam 5 menit. Cukup singkat waktu tunggunya.

Klik Message Me untuk membuka jendela percakapan langsung, tunggu antrian sebentar saja.

Call Center Bea Cukai

Tentu saja bicara langsung ke customer care Bea Cukai bisa menjadi solusi tercepat apabila kasusnya bersifat darurat. Seperti menanyakan kenapa bea masuknya besar sekali, atau ingin tahu bagaimana koreksi harga barang sesuai aslinya.

Siapkan pulsa yang banyak, juga minimal nomor resi paketnya supaya cepat dilacak oleh csnya.

Datang sendiri ke kantor

Apabila ada waktu dan ingin tatap muka dalam menghadapi kendalanya, bisa dipertimbangkan datang sendiri ke kantor bea cukai. Jangan lupa membawa dokumen lengkap dan identitas diri untuk pengurusannya.

Modus penipuan bea cukai

Poin terakhir adalah pesan layanan masyarakat. Anda harus waspada terhadap oknum-oknum yang mengatasnamakan pihak bea cukai. Biasanya menyampaikan bahwa barangnya ditahan atau tidak lolos bea cukai dan harus membayarkan sejumlah uang dahulu ke rekening petugasnya.

Ada lagi kalau anda berkenalan dengan orang asing di internet dan tetiba ingin mengirimkan hadiah yang cukup mahal. Isinya bisa elektronik seperti iPhone, uang tunai USD/EURO dan sebagainya, juga emas atau perhiasan. Begitu “katanya” sampai di Indonesia akan dihubungi pihak ekspedisi ataupun bea cukai bahwa ini perlu ditebus, dan lagi-lagi transfer.

Mereka memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat umum karena memang jarang berurusan langsung dengan bea cukai, dan tahunya di tv garang sekali sita sana sini dan penjara sana sini. Saya sendiri pun dulu begitu.

Ini semua tidaklah benar dan bukan prosedur resminya. Harap anda kontak dulu lewat media-media diatas sebagai konfirmasi.

Akhir kata

Bea cukai bukanlah instansi yang perlu ditakuti karena mereka cukup ramah menanggapi komplain yang dikirimkan. Apabila anda melakukan transaksi lewat jalur resmi dan sesuai prosedur niscaya prosesnya pun normal tanpa ada hambatan.

Mungkin tambahan saja buat yang membawa handphone dari luar negeri, sekarang perlu registrasi nomor IMEI agar bisa dipasang SIM card Indonesia.

Tinggalkan Balasan