Ragam

Cara komplain Facebook

Juara media sosial di Indonesia? Tampaknya masih dipegang oleh Facebook karena hampir semua orang punya akunnya, sama dengan WhatsApp. Walau beda generasi tapi ingin berhubungan kembali ke teman lama atau saudara jauh memang biasanya ada disini.

Tapi dalam pemakaian dan aktivitas di dalamnya tentu tidak serta merta lancar. Bisa karena ada akun yang mengaku sebagai orang lain, penipuan, berita hoax yang viral, masalah iklan dalam ekosistem Facebook dan Instagram dan masih banyak lagi.

Alamat Facebook di Indonesia

Sejak tahun 2017 Facebook telah memiliki kantor cabangnya di Indonesia, walau bukan ditujukan untuk layanan pelanggan. Tapi kalau sudah parah kendalanya bisa dipertimbangkan datang langsung ke lokasi.

  • Alamat 1: Gedung Capital Palace. Jl. Gatot Subroto No.Kav 18, RT.6/RW.1, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710
  • Alamat 2: Jalan Jendral Sudirman Kav. 52-53, Sudirman Central Business District (SCBD) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12190

Call Center Facebook

Ingin telepon langsung ke customer care Facebook? Sayangnya sampai saat ini Facebook belum memberikan akses ke umum untuk call centernya.

  • Nomor Call Center Facebook: –

Email customer service Facebook

Sedangkan komplain lewat email bisa dilakukan, dan mereka malah memberikan beberapa alamat surel yang spesifik tergantung jenis kasusnya. Manfaatkan sebaik-baiknya.

Tapi, Facebook sendiri menyatakan setiap laporan atau keluhan yang masuk belum tentu dibalas. Jadi gunakan sebagai solusi alternatif saja.

Livechat Facebook

Untuk sistem Facebook Ads kita dapat akses untuk livechat dengan agen csnya. Jadi untuk pengguna biasa tidak bisa memakai ini. Perbedaannya terlihat karena dengan memasang iklan dalam Facebook, Instagram maupun WhatsApp kita sudah membayarnya.

Hanya tersedia saat hari dan jam kerja.

Sistem komplain di Facebook

Untuk pengaduan secara umum dalam akun Facebooknya maka anda bisa menggunakan tombol lapor yang tersemat pada setiap konten yang muncul. Seperti postingan, story, gambar, video dan sebagainya.

Tapi secara manual bisa dicek pada link berikut:

Pengaduan lewat media sosial

Mungkin terlihat konyol, tapi akun-akun media sosial Facebook pada layanan lain itu bisa digunakan untuk bertanya maupun komplain. Bahkan bisa lebih cepat tanggapannya.

Silahkan kirim pesan langsung ke inbox atau buat posting publik dengan mention nama user mereka. Dianjurkan yang pertama dan kalau terpaksa yang kedua.

2 Comments

  1. Akun saya dibajak. Email dan sandinya diubah. Emailnya menjadi b*******[email protected]*******.com. Entah email apa itu. Sayang saya tidak memasukan no HP baru untuk mengganti no yang sudah tidak aktif.

    Hal itu membuat saya kesulitan untuk memulihkan akun. Teman saya sudah mencapai ambang batas. Karena memiliki banyak teman saya khawatir akun saya disalah gunakan.

    Apabila verifikkasi identitas saya tidak disetujui sebaiknya akun saya dinonaktifkan. Saya berusaha menghubungi banyak kontak facebook tetapi belum mendapat respon. Semoga ada pihak terkait yang bisa membantu mengatasi permasalahan saya ini. Email saya [email protected]

Tinggalkan Balasan