Cara komplain OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga pemerintah yang bertugas mengawasi kegiatan layanan finansial di Indonesia. Secara garis besar urusan dengan jasa pembiayaan, bank, investasi, penggalangan dana dan sebagainya adalah dibawah kewenangan mereka. Dengan catatan bahwa cryptocurrency bukan ranahnya, tapi Bappebti.

Karena hampir seluruh hal keuangan di Indonesia ditangani mereka maka sangat wajar apabila kita ingin memastikan apakah suatu usaha yang mengajak investasi itu resmi atau diawasi OJK. Bisa juga kita ingin melaporkan keluhan terhadap layanan kredit yang menjebak, paylater dipaksakan, penyalahgunaan identitas pribadi, debt collector bersikap tidak baik dan seterusnya. Atau sekedar cek reputasi keuangan kita lewat SLIK/iDEB/BI Checking.

Konsultasi lewat media sosial

Pasti banyak yang dari anda terpikir untuk kontak ke akun media sosial OJK sebagai langkah pertama. Ini sudah tepat sekali. Pertanyaan selanjutnya apakah aktif akun mereka? Jawabannya adalah iya dan cukup responsif membalas setiap pesan yang masuk ke inboxnya.

  • Facebook: https://www.facebook.com/official.ojk
  • Twitter: https://twitter.com/ojkindonesia
  • Instagram: https://www.instagram.com/ojkindonesia/
  • YouTube: https://www.youtube.com/user/OtoritasJasaKeuangan

Komplain via Email

Untuk pengaduan yang lebih fleksibel maka masih belum ada yang mengalahkan email. Lewat media ini kita bisa menyampaikan masalahnya dengan runtut dan bisa disertai bukti-bukti lengkap. Ini akan mempermudah petugas layanan masyarakat OJK memahami dan memberikan solusi dengan cepat dan tepat.

Formulir OJK

Alternatifnya anda bisa membuat laporan keluhan konsumen lewat formulir yang sudah disediakan OJK, ini cocok bagi yang kesulitan memberikan informasi secara kronologis dan akurat. Jadi lebih dipandu.

Formulir pengaduan OJK: https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan

Livechat dengan OJK

OJK pun sudah mengadopsi media komunikasi yang lebih modern, kita bisa chat dengan admin OJK lewat nomor WhatsAppnya. Tapi jangan lupa kirimkan kata #hubungipetugas agar melewati bot dan langsung disambungkan dengan manusia.

  • Nomor WhatsApp OJK: 6281157157157

Informasi tambahan, bisa jadi OJK cabang kota anda sudah memiliki nomor WA juga. Silahkan dicek.

Call Center OJK

Ingin bicara langsung? Tentu saja OJK memiliki nomor telepon yang bisa dihubungi. Siapkan dulu informasi yang berhubungan kasus anda agar tidak membuang waktu lama, kalau perlu dibuat catatannya dulu dan dokumen-dokumennya.

  • Kontak OJK: 157
  • Nomor telepon OJK Pusat: (021) 29600000

Datang langsung ke kantor OJK setempat

Untuk permasalahan yang sifatnya darurat seperti penipuan, investasi bodong, debt collector yang kasar atau cuma sekadar cek SLIK. Maka tidak ada salahnya datang langsung ke kantor cabang OJK di kotanya. Untuk alamat bisa cek Google dan lihat daftarnya di bawah ini.

Alamat dan Telepon OJK terdekat: https://www.ojk.go.id/id/Contact.aspx

Cek dulu jam kerjanya, karena selama pandemi ini ada di beberapa lokasi masih belum bisa melakukan layanan tatap muka. Banyak urusan bisa diselesaikan secara online.

Tinggalkan Balasan