Cara komplain JNE

JNE adalah salah satu ekspedisi terkenal di Indonesia dan merupakan salah satu pilihan utama apabila membutuhkan jasa pengiriman ke seluruh Indonesia dengan cepat. Jenis pengirimannya mulai dari yang standar, satu hari sampai dan kargo ukuran besar.

Tentu kelancaran perjalanan paket dari pengirim ke penerima adalah harapan penggunanya. Walau jarang terjadi, masalah bisa dialami saat proses pengiriman. Hal ini bisa diketahui dengan mengecek nomor resi yang diberikan.

Tapi setelah tahu ada kendala, bisa mengeluh kemana?

Konsultasi lewat media sosial

JNE memiliki beberapa akun media sosial sehingga lebih dekat aksesnya ke pelanggan. Untuk pertanyaan umum atau ingin mengira-ngira apa prosedur untuk kasus tertentu, bisa diawali dengan mengirimkan pesan ke admin medsosnya.

Admin JNE akan membantu mengarahkan solusinya seperti apa, dan informasikan apabila diperlukan bukti lebih lanjut untuk mengurus komplainnya.

Pengaduan ke cabang JNE setempat

Asalkan ada waktu saat jam kerja, anda bisa mencoba datang ke cabang JNE setempat. Apabila masalahnya ada di kota tujuan, maka penerima bisa mendapatkan solusi yang lebih cepat atau bahkan bisa mengambil sendiri paketnya.

Apabila masalahnya tidak bisa langsung diselesaikan, si petugas akan membuat laporan keluhan di sistem dan pelapor akan diberikan kode referensi untuk followup.

Biasanya dalam 1×24 jam akan dihubungi lewat telepon oleh customer service JNE kota dan juga dari pusat untuk konfirmasi. Lama proses penyelesaiannya tergantung seberapa rumit masalahnya dan lokasi barangnya saat itu.

Mencari alamat cabang JNE terdekat bisa lewat Google Maps, atau lewat daftar berikut:

Call center JNE

Apabila tidak bisa ke lokasi dan jawaban admin medsos JNE kurang memuaskan, maka telepon ke call center JNE bisa menjadi alternatifnya.

Memanfaatkan panggilan telepon akan mendapatkan respon lebih cepat akan keluhan anda. Tersedia 24 jam setiap harinya, jadi dini hari pun akan dilayani.

Untuk beberapa jenis kasus akan diminta foto bukti seperti resi asli dan barangnya. Ini akan diminta mengirimkan lampirannya via email beserta case number.

Keluhan lewat Email Customer Care JNE.

Komplain pengiriman ke JNE bisa lewat email, walaupun balasannya tidak secepat telepon atau bahkan media sosialnya. Tapi penggunaan surat elektronik unggul dalam hal dokumentasi. Misal anda melaporkan keluhan lewat metode lain diatas nanti akan diminta menyertakan bukti-bukti pendukung lewat email.

Walaupun tidak dikatakan cepat, biasanya dalam 8 jam kerja akan mendapatkan tanggapan untuk permasalahan baru dan followup untuk kasus lama.

Akhir kata

Komplain ke JNE tampaknya adalah hal yang merepotkan, tapi dari pengalaman selama masalahnya umum: terlambat, gagal antar, alamat tidak ditemukan, kehabisan waktu dan sebagainya. Maka masalahnya akan selesai dalam waktu 24 jam.

Kasusnya akan dihandle kantor cabang utama kota yang bermasalah dan akan mendapatkan followup dari JNE Pusat di Jakarta. Untuk regional csnya kadang akan menghubungi lewat WhatsApp, sedangkan dari pusat memakai email dan telepon.

Jika kasusnya seperti kehilangan barang, ada kerusakan dalam pengiriman, dicuri atau klaim asuransi. Ini memang perlu komunikasi lebih lanjut dan tidak bisa langsung cepat selesai.

Jangan ragu untuk meminta sampai mana proses pengaduannya apabila lewat 24 jam belum ada kabar terbaru.

One Comment

  1. CM85190884599, mohon untuk di cek kembali, di status sdh diterima. Tetapi salah orang dan alamat.
    Saar antar barang dikonfirmasi dulu nama lengkap, alamat,nmr tlp. Jangan asal nama depan saja langsung barang diberikan.kalau kurang yakin bs wa, tlp ke nomor penerima

Tinggalkan Balasan