Cara komplain BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah layanan asuransi kesehatan nasional yang menanggung biaya pemeriksaan, perawatan dan obat-obatan untuk penggunanya. Dengan program ini maka masyarakat Indonesia bisa meminimalkan efek buruk karena sakit dalam kebutuhan hidupnya, karena secara mandiri bisa sangat memberatkan mayoritas orang.

Sebagai badan penyelenggara jaminan sosial sifatnya adalah wajib dengan tarif yang jauh lebih murah dibandingkan milik swasta dengan coverage penyakit yang cukup luas. Produknya saat ini dibagi menjadi 3 kelas tergantung fasilitas kamar dengan harga iuran berbeda dengan kualitas pelayanan yang sama. Sedangkan BPJS Kesehatan sendiri bisa ikut secara mandiri maupun dibayarkan oleh perusahaan.

Tentu saja dalam operasionalnya diharapkan sempurna, tapi kenyataan di lapangan kadang-kadang bisa lain. Sekarang kalau kita mau komplain bisa lewat mana?

Konsultasikan lewat media sosial

Sekarang semua orang pasti punya minimal satu akun media sosial dan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk menyampaikan uneg-uneg ke akun resmi BPJS Kesehatan di platformnya. Kita bisa sekadar bertanya soal prosedur yang benar dalam klaim fasilitas, lupa nomor kartu BPJS, telat bayar tagihan dan sebagainya.

Kita bisa mengirimkan pesan secara pribadi lewat DM ke inboxnya, membuat komentar pada pos terbarunya atau tag usernamenya agar dinotice. Admin sosmed mereka cukup aktif, jadi jangan khawatir tidak dibalas.

Siap Livechat

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa BPJS Kesehatan sendiri menyediakan livechat lewat aplikasi. Nanti akan dilayani dulu oleh botnya bernama Chika dan konsultasi berikutnya lewat sistem Pandawa.

Pengaduan lewat Email

Walau dirasakan jadul tapi email kita bisa menuliskan kronologis laporan dengan urut dan informasi lebih lengkap. Apalagi kalau disertai bukti-bukti foto sehingga petugas customer service yang menangani kasus anda dapat langsung memahami dan verifikasi masalahnya.

Untuk 3 metode komunikasi diatas memiliki jam kerja 08.00 – 17.00 WIB.

Call Center BPJS Kesehatan

Tentu saja kalau ingin respon yang cepat tanggap dalam komplainnya tidak ada yang mengalahkan bicara langsung ke customer care BPJS Kesehatan, dan ini bisa langsung menghubungi call center mereka.

  • Nomor Call Center BPJS Kesehatan: 1500400

Siapkan data pribadi anda atau keluarga yang sedang sakit agar tidak terlalu teleponnya.

Layanan pelanggan ini tersedia 24 jam setiap harinya tanpa libur. Jadi dini hari jelas ada petugasnya.

Datang ke kantor BPJS

Untuk validasi dokumen kadang wajib datang ke kantornya. Sistem ini aslinya lebih praktis apabila ada keluhan soal koreksi data peserta seperti ada yang meninggal atau pecah kartu keluarga. Cuma harus siapkan waktu saja kesana.

Melaporkan pelanggaran

Anda mendapati aktivitas diluar kewajaran pada faskesnya? Seperti pemalsuan, manipulasi, penyalahgunaan, suap, benturan kepentingan, malpraktik dan sebagainya. Sebenarnya BPJS Kesehatan sudah menyediakan jalur khusus untuk melaporkannya, dinamakan Whistleblowing System.

Jam kerja 8 pagi sampai 5 sore setiap harinya.

Lakukan cek data dan koreksi secara mandiri

Orang bisa tidak punya komputer tapi pasti ada handphone. Untuk beberapa hal urusan BPJS Kesehatan seperti cek data peserta, ganti kelas, perubahan fasilitas kesehatan 1 atau dokter gigi misalnya itu semua bisa dilakukan lewat aplikasi resminya: Mobile JKN.

Akhir kata

Dari pengalaman pribadi setiap pertanyaan akan selalu diproses dengan baik dan waktu yang singkat untuk jawabannya. Permasalah yang pernah saya tanyakan adalah soal autodebet ke rekening bank, kemudian soal nomor peserta untuk pembayaran, juga soal adanya tagihan tambahan padahal seharusnya gratis.

Tinggalkan Balasan